Action Package Coordination Meeting, Langkah Penguatan Kerjasama Bangun Kapasitas Negara

        Jakarta, bertempat di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Indonesia sukses menyelenggarakan pertemuan berskala internasional yakni Action Package Coordination Meeting, bertajuk “Strengthening Cooperation to Enhance Capacities in Addressing Global Public Health Threats” pada tanggal 23-25 Agustus 2016. Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam kapasitas Indonesia sebagai Ketua Troika GHSA pada tahun 2016, dan  dihadiri sekitar 200 peserta dari 17 negara anggota GHSA dan advisors GHSA. Adapun tujuan pertemuan tersebut adalah untuk menilai kemajuan implementasi  Action Package GHSA sesuai dengan IHR (2005) dengan memperkuat koordinasi antara negara-negara anggota GHSA

Panel Discussion

       Sesi diskusi panel berlangsung selama dua hari dan dipimpin oleh Dr. I Nyoman Kumara Rai, MPH dari Indonesia. Dalam sesi diskusi, setiap negara action package leading country diminta untuk dapat memaparkan mengenai koordinasi dan upaya yang dilakukan oleh leading country untuk memperkuat action package, berbagi informasi, pengalaman, dan best pactice dalam pelaksanan 11 Action Package GHSA, serta  mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mengimplementasikan road map Action Package GHSA. Sesi diskusi panel ditutup dengan perumusan outcomes document berupa “Jakarta Call for Action on the GHSA Action Package Implementation”, yang diharapkan dapat menjadi dasar untuk lebih memperkuat implementasi kegiatan action package.

 Site Visit

       Adapun pada hari ketiga, peserta pertemuan diajak secara langsung mengunjungi 3 tempat yakni Balai Besar Penelitian Veteriner (BBlitvet Bogor) untuk mengetahui dukungan BBlitvet dalam program pengendalian zoonosis di Indonesia, KKP Soekarno Hatta untuk mengetahui prosedur penanganan penumpang ketika terjadi PHEIC, dan Rumah Sakit Persahabatan untuk mengetahui upaya pencegahan dan pengendalian AMR dan penyakit infeksi.

Welcome Speech

       Prof. Nila F. Moeloek selaku Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya menyampaikan, As we will highlight throughout the upcoming three days, strengthening of communication, coordination, and cooperation of the implementation of the Action Packages is an important  step towards achieving full capacity to  addressing any global health security.Dengan adanya pertemuan Action Package Coordination Meeting, diharapkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama multi sektor, dalam rangka peningkatan kapasitas negara dalam melakukan prevent, detect, dan respond menghadapi ancaman kesehatan global dapat terus ditingkatkan untuk mencapai keamanan kesehatan global secara penuh. (Jasmin)

Tinggalkan komentar